Senin, 15 Agustus 2016

Cara membuat akun Gmail. Akun Gmail pada dasarnya sama dengan akun email lainnya, yaitu dapat mengirim email (electronic mail) ke orang lain. Namun, Gmail adalah akun email dari mesin pencari terbesar didunia saat ini yaitu google.

Sehingga, dengan adanya akun Gmail ini anda akan lebih mudah dalam menggunakan berbagai perangkat-perangkat yang ada pada google.

Nah, pada tulisan kali ini saya akan berbagi tentang cara dalam pembuatan akun Gmail. Semoga dapat membantu anda sekalian.


Prosedur membuat akun Gmail

Akun Gmail ini dalam pembuatannya tidak memerlukan waktu yang lama atau tidak juga membuat anda menjadi ribet melihat terus menerus laptop anda. Selanjutnya, silahkan untuk mengikuti langkah-langkah di bawah ini:
  1. Hal pertama yang harus dilakukan adalah anda harus membuka terlebih dahulu halaman berikut ini: https://mail.google.com/intl/en/mail/help/about.html
  2. Kemudian pada bagian pojok kanan atas, disana terdapat link untuk Sign in dan Create an Account. silahkan anda untuk mengklik Createan Account.
  3. Cara membuat akun Gmail
    Tampilan pertama

  4. Selanjutnya anda akan dibawa untuk menuju pada halaman Create your Google Account yang membuat anda harus mengisi beberapa biodata yang ada dalam identitas anda. Informasi-informasi ini sangat penting untuk anda isi, karena pada informasi tersebut akan segera dimasukkan dalam data identitas Gmail anda. Untuk penjelasan tiap form bisa anda lihat dibawah gambar.
Cara membuat akun Gmail
Daftarkan Biodata Anda
Nah, Berikut penjelasan tentang pengisian biodata tersebut :
  • Name : Anda harus mengisi dengan nama depan (first) dan nama belakang anda (last)
  • Choose your username : Pada bagian ini, anda dapat mengisi dengan username gmail yang anda inginkan. Namun, biasanya gmail akan membantu anda dalam menentukan username yang memang tersedia 
  • Create a password : Pada bagian ini, anda harus mengisi password atau kata sandi yang anda inginkan. Saran saya dalam menggunakan password atau kata sandi ini harus minimal 8 karakter, kemudian kombinasikan angka dengan huruf,tidak mudah ditebak orang (seperti jangan gunakan password tanggal lahir atau nama orang tua anda)
  • Confirm your password : kemudian, masukkan kembali password yang anda telah anda buat pada kolom sebelumnya. Bagian ini haruslah sama persis dengan password pada kolom sebelumnya.
  • Birthday : Tanggal, bulan, dan tahun kelahiran anda
  • Gender : Jenis kelamin, pilihan : Male (laki-laki) - Female (perempuan)
  • Mobile phone : Isi dengan nomor telepon anda yang aktif, hal ini dikarenakan nomor telepon anda akan digunakan untuk pengiriman kode verifikasi untuk akun gmail anda
  • Your current email address : Di isi dengan menggunakan Email anda yang lain (boleh gmail atau non gmail), boleh dikosongkan jika anda tidak memiliki email lain. Hal ini bertujuan untuk mengkonfirmasi jika anda lupa password gmail anda ini.
  • Prove you’re not robot : Isikan captcha sesuai dengan yang tersedia.
  • Location : Secara otomatis akan memilih Indonesia kecuali anda berada di negara lain atau menggunakan vpn yang membuat lokasi anda berada di luar Indonesia.
  • Berikan centang pada I agree to Google Terms of Service and Privacy Policy, kemudian klik Next Step.
Cara membuat akun Gmail

  • Di halaman selanjutnya, anda akan diminta untuk melakukkan verifikasi. Kode verifikasi akan dikirim ke nomor telepon yang anda gunakan untuk mendaftar anda anda diharuskan untuk memverifikasi sebelum melanjutkan ke proses berikutnya.
  • Kemudian anda di suruh untuk mengisi detail profil Google+ karena akun gmail terpaut dengan semua layanan google termasuk google+. Dimulai dengan memasukkan foto profil, detail lainnya, serta memilih profil orang yang akan anda follow, dan seterusnya.
  • Oke, Selesai akun gmail anda
Terimakasih karena anda telah membaca tulisan kali ini tentang Cara membuat akun Gmail.

0 komentar:

Posting Komentar